Feb 27, 2010

release

Dua minggu lalu, dosen copywriting gw ngasih tugas untuk bikin print ad tentang diri sendiri. Semacam application letter, tapi bentuk nya print ad dengan tema Fresh Graduate = Fresh Idea. From the time the assignment's given, my mind can't stop thinking about it. Gw mencoba menganalogikan kata segar dengan berbagai hal, dan yang muncul di otak gw adalah ikan, sayur, buah dan lain-lain yang segar. Lalu gw coba lagi bikin analogi tentang ide yang cemerlang. Yang muncul di otak gw adalah bohlam lampu. So cliche. Ga kreatif.

Satu minggu lewat, dan dead line pun di depan mata. Gw belum punya ide yang cukup memuaskan diri gw sendiri. Semua temen udah mulai submit tugas, sedangkan gw, ide aja belom ada. I stayed awake 'till 4 a.m that day. Untungnya, jam 23.00 gw dapet ide. Somehow tiba-tiba kalimat "Not an idea seeker, definitely an idea maker" came up to my mind. Selagi masih fresh, langsung gw olah ide itu dan masuk tahap ekesekusi. Di bayangan gw, harus ada gambar semacam vending machine, yang ceritanya menggambarkan gw yang seperti mesin pembuat ide (gw mau muntah, narsis pol!)

Setelah eksekusi, ide pertama gw itu kok jadinya jelek banget ya? Design nya a la anak-anak distro tahun 2000 gitu. Yuckkyy.. Gw sempet pasrah ngumpulin tugas yang itu sampe akhirnya dapet ide baru yang, well, cukup memuaskan bagi gw.

Big idea dari print ad ide ke2 gw ini adalah RELEASE. Coba diliat dulu yaa.. Here they are :)


Ide pertamanya adalah muncul ketika gw coba buat mendalami perasaan seseorang yang lagi mumet dan ga ada ide, which I didn't have to work hard to understand karena gw memang bener-bener lagi mumet dan ga ada ide. Setelah itu gw mencoba menempatkan diri gw sebagai suatu 'pelepasan' bagi keadaan mumet itu.

Pernah ngerasa mumet dan kehabisan ide kan? Itu rasanya ga enak banget, seolah-olah ga ada ujungnya dan ga bakal berenti sebelum lo dapetin ide itu. Dan ya, menurut gw ketika lo akhirnya nemuin ide itu, rasanya kayak orang lagi ngantuk dikasih secangkir kopi, pecandu rokok lagi stress dikasih sebatang rokok, dan orang yang udah nahan pipis selama dua jam ngeliat toilet.

Melegakan. Releasing.

2 comments: